Android 6.0 Marshmallow, Apa Saja Kecanggihan Yang Disuguhkan Google Pada Android M?

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Android 6.0 Marshmallow, Apa Saja Kecanggihan Yang Disuguhkan Google Pada Android M?

Monday, January 11, 2016
www.techno2pedia.ga

Memasuki tahun 2016, dapat dipastikan akan semakin banyak vendor yang menyematkan OS terbaru Android Marshmallow di perangkat produksi mereka. Android 6.0 "Marshmallow" merupakan pemutakhiran yang akan datang untuk sistem operasi telepon genggam Android. Yang telah dirilis pada Kwartal ke-3 2015 lalu ("sementara dijadwakan untuk September"), dengan pratayang ketiga dan terakhir dirilis pada tanggal 17 Agustus 2015 . Pertama diperkenalkan di Google I/O pada tanggal 28 Mei 2015, Marshmallow terutama akan berfokus pada perbaikan inkremental dan penambahan fitur lainnya. Pratayang pengembang Android "M" dirilis pada tanggal 28 Mei 2015, untuk telepon genggam Nexus 5 dan Nexus 6, tablet Nexus 9, dan set-top box
Nexus Player, di bawah nomor bentukan MPZ44Q. Pratayang pengembang ketiga (MPA44G) dirilis pada tanggal 17 Agustus 2015 untuk Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9 dan perangkat Nexus Player, dan diperbarui ke MPA44I yang membawa perbaikan yang berhubungan dengan profil Android for Work.

FITUR ANDROID "M"
Android Marshmallow memperkenalkan model izin yang didesain ulang, dimana sekarang hanya ada delapan kategori izin. Aplikasi yang tidak lagi secara otomatis diberikan semua hak akses, mereka akan ditentukan pada waktu instalasi. Sebuah sistem opt-in sekarang digunakan, di mana pengguna akan diminta untuk memberikan atau menolak izin individu (seperti kemampuan untuk mengakses kamera atau mikrofon) untuk aplikasi ketika mereka dibutuhkan. Aplikasi mengingat hibah izin mereka, dan mereka dapat disesuaikan oleh pengguna setiap saat. Model izin baru akan digunakan hanya oleh aplikasi yang dikompilasi untuk Marshmallow menggunakan kit pengembangan perangkat lunak (SDK) tersebut, sementara semua aplikasi lainnya akan terus menggunakan model izin sebelumnya.
Marshmallow juga memiliki skema
manajemen daya baru bernama Doze yang mengurangi tingkat aktivitas aplikasi latar belakang saat perangkat menentukan bahwa itu tidak sedang aktif ditangani oleh pengguna, yang menurut Google, menggandakan pemakaian baterai perangkat. Hal ini juga memperkenalkan pilihan untuk mengatur ulang semua pengaturan jaringan, tersedia untuk pertama kalinya pada Android, yang membersihkan pengaturan terkait jaringan untuk Wi-Fi, Bluetooth dan koneksi seluler.
Android Marshmallow memberikan dukungan asli untuk pengenalan sidik jari, memungkinkan penggunaan sidik jari untuk membuka perangkat dan otentikasi Play Store dan pembelian
Android Pay, API standar juga tersedia untuk melaksanakan otentikasi berbasis sidik jari dalam aplikasi lain. Android Marshmallow mendukung
USB Type-C, termasuk kemampuan untuk menginstruksikan perangkat untuk mengisi daya perangkat lain melalui USB. Marshmallow juga memperkenalkan "pranala yang diverifikasi" yang dapat dikonfigurasi untuk membuka langsung dalam aplikasi tertentu mereka tanpa petunjuk pengguna lanjut.
Versi API Android yang disediakan oleh Marshmallow adalah 23. Alat pengembang Android Marshmallow tersedia di Pengelola SDK di bawah tingkat API "MNC".

SEJARAH VERSI ANDROID
Distribusi versi Android secara global sejak Desember 2009. Hingga Januari 2015, Android 4.x Jelly Bean adalah versi Android yang paling populer, digunakan oleh sekitar 59% perangkat Android di seluruh dunia.
Versi Android diawali dengan dirilisnya Android beta pada bulan November 2007. Versi komersial pertama, Android 1.0, dirilis pada September 2008. Android dikembangkan secara berkelanjutan oleh Google dan Open Handset Alliance (OHA), yang telah merilis sejumlah pembaruan sistem operasi ini sejak dirilisnya versi awal.
Sejak April 2009, versi Android dikembangkan dengan nama kode yang dinamai berdasarkan makanan pencuci mulut dan penganan manis. Masing-masing versi dirilis sesuai urutan alfabet, yakni Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0–2.1), Froyo (2.2–2.2.3), Gingerbread (2.3–2.3.7), Honeycomb (3.0–3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4), Jelly Bean (4.1–4.3), dan KitKat (4.4+). Pada tanggal 3 September 2013, Google mengumumkan bahwa sekitar 1 miliar perangkat seluler aktif di seluruh dunia menggunakan OS Android.
Pembaruan utama terbaru versi Android adalah Lollipop 5.0, yang dirilis pada 3 November 2014.

Sejumlah perangkat yang tidak langsung didukung oleh Google telah dikonfirmasi untuk mendapatkan versi terbaru dari platform Android. Perlu diingat daftar di bawah ini hanya mencakup perangkat yang akan mendapatkan OS terbaru Android 6.0 Marshmallow.
Dikutip dari GSM Arena, Senin (4/1/2016), berikut daftar resmi perangkat yang akan mendapatkan pembaruan OS terbaru Android 6.0 Marshmallow tahun 2016, yaitu:

Samsung
Samsung Galaxy S6 edge+
Samsung Galaxy Note5
Samsung Galaxy S6 edge
Samsung Galaxy S6
Samsung Galaxy Tab S2
Samsung Galaxy Note 4
Samsung Galaxy S5
Samsung Galaxy Alpha
Samsung Galaxy A8
Samsung Galaxy A7

Sony
Sony Xperia Z5 Premium
Sony Xperia Z5
Sony Xperia Z5 Compact
Sony Xperia Z3+ / Z4
Sony Xperia C5 Ultra
Sony Xperia C4
Sony Xperia M5
Sony Xperia M4 Aqua
Sony Xperia Z3 / Z3v
Sony Xperia Z3 Compact
Sony Xperia Z3 Tablet Compact
Sony Xperia Z2
Sony Xperia Z2 Tablet
Sony Xperia Z Ultra GPE

LG
LG V10
LG G4
LG G Flex2
LG G4 Stylo
LG G3

Bagaimana dengan Anda, apakah daftar diatas termasuk salah satu Smartphone kesayangan Anda yang mendapatkan upgrade Android M, jika Ya Selamat berarti Anda bisa langsung segera mencobanya. Namun jika Tidak, jangan khawatir karena Anda masih bisa merasakan kecanggihan Android 6.0 Marshmallow dengan cara meng-upgrade perangkat Smartphone Anda dengan perangkat yang sudah mendukung Android "M".