Prediksi Perkembangan Teknologi Canggih Gadget di 2016

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Prediksi Perkembangan Teknologi Canggih Gadget di 2016

Minggu, 03 Januari 2016
www.techno2pedia.ga

2016 adalah era yang serba instant dan virtual (canggih, red). Hampir semua orang di dunia memegang peralatan teknologi canggih (Gadget, seperti; Smartphone, Tablet, Komputer jinjing, Kamera, Game portable, dll) tidak terkecuali perempuan, laki-laki, orang tua, orang dewasa, bahkan anak-anak. Perkembangan gadget dari masa ke masa diawali dengan ditemukannya perangkat yang disebut HP (Handphone). HP merupakan pengembangan dari pesawat elektronik telephone. Bedanya, telephone masih menggunakan kabel untuk berkomukasi antar perangkat yang satu dengan yang lainnya, sedangkan HP tanpa perlu menggunakan kabel sehingga lebih bersifat mobile (praktis bisa dibawa kemana-mana). Di Indonesia, jaringan HP nirkabel ada dua jenis yaitu GSM (Global System for Mobile Telecommunications) seperti: Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan CDMA (Code Division Multiple Access) seperti: Smartfren, Esia, Starone. Kedua jaringan nirkabel ini masih dipakai di negara kita hingga saat, bahkan terus di kembangkan dan vendor-vendor tersebut selalu menciptakan inovasi terbaru untuk masing-masing produknya.
Di negeri Paman Sam Amerika Serikat, HP pertama kali digunakan sekitar tahun 1947, lalu kemudian alat canggih ini mulai di komersilkan dan menyebar keseluruh penjuru dunia. Pada mulanya hanya perusahaan besar yang secara global memproduksi HP yaitu Nokia, Motorola, Siemens, dan Sony Ericsson. HP berkembang dari genereasi ke-0 hingga generasi ke-4.

PREDIKSI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERBARU 2016 OLEH MICROSOFT
Bila tahun ini kita sering mendengar tentang "cloud computing" banyak disebut sebagai sebuah teknologi baru yang membantu kita untuk bekerja lebih produktif dan efisien di waktu yang sama, Microsoft memprediksi bahwa cloud computing masih akan terus naik pamor dan semakin disempurnakan dengan teknologi terbaru.
Seperti yang dipaparkan oleh Doug Burger, Director of Hardware , Devices, and Experiences Microsoft Research NExT "Kunci terobosan teknologi terletak pada besarnya skala dan cepatnya akselereasi komputasi yang mampu dihasilkan seperti cloud contohnya. Hal ini akan memungkinkan kita untuk mendapatkan big data workloads, bioinformatika, komputer berperforma tinggi, dan banyak keuntungan lainnya."
Doug juga memprediksi komputasi datacenter yang dapat terkonfigurasi (FPGA) sebagai akeselerator komputer premium akan booming di tahun 2016. Selain itu diperkirakan bahwa setiap data program sains akan memiliki kurikulum data etika, memberikan pemahaman manusia lebih besar pada implikasi dari skala besar pendataan dan eksperimen, bahkan idealnya memproduksi keadilan dan perlindungan dari bentuk diskriminasi data, ungkap Kate Crawford, Principal Researcher, Microsoft Research.

OPTIMISASI PERANGKAT MOBILE
Adapun prediksi tentang semakin berkembangnya teknologi untuk perangkat mobile seperti kamera yang semakin canggih dan berbagai aplikasi menarik untuk menunjang kebutuhan mobile.
"57 tahun setelah penemuan lightpen (Stylus) pertama, 53 tahun setelah pengembangan lightpen untuk tablet grafis pertama, 27 tahun untuk layar komputer, dan 14 tahun setelah Microsoft melansir Tablet PC - yang menekankan pada penggunaan Stylus untuk menggambar, anotasi, dan membuat catatan akan semakin luas digunakan untuk menunjang penggunaan terhadap alat-alat digital." ungkap Bill Buxton, Principal Researcher, Microsoft Research.
Lihat saja langkah yang akhirnya diambil oleh perusahaan sebesar Apple yang akhirnya turut membuat benda yang mirip dengan Stylus bernama "Apple Pencil" setelah sempat memandang sebelah mata penggunaan Stylus.
Ramalan yang paling menarik menurut saya datang dari Lili Cheng, Distinguished Engineer & General Manager, Microsoft Research NExT yang mengatakan bahwa "komunikasi online akan semakin meningkat terutama dengan menggunakan asisten personal komputer seperti Cortana , Siri, dan Google Girl, yang akan membantu kita untuk bekerja lebih produktif dan tertawa lebih sering. Ini akan membawa kita pada pertanyaan juga mengaburkan apa yang selama ini kita pikirkan tentang komputer, telepon kita, serta ingatan kita dan cara kita membangun hubungan."
Dengan semakin mudahnya sarana komunikasi secara virtual tentu akan mengubah cara pandang kita dalam bekerja dan berkomunitas. Dengan memiliki asisten virtual, kita akan sekaligus memiliki bantuan dalam berbicara sebagai solusi dari perbedaan bahasa yang selama ini kerap terjadi, membantu kita sebagai pengingat dan membantu untuk lebih produktif dalam bekerja.

RAMALAN IHS (INFORMATION HANDLING SERVICE) TENTANG TEKNOLOGI CANGGIH DI 2016
Dari laporan ramalan trend teknologi global di tahun 2016, badan penelitian IHS (Information Handling Service) telah membuat ulasannya sebagai berikut:
Layar yang semakin tipis, semakin jernih, dan fleksibel. Layar flexibel telah banyak menjadi topik pembicaraan di tahun 2015 dan pengembangan yang terbaru, khususnya teknologi OLED (Organic Light Emitting Diodes ) telah membawa inovasi dalam perangkat ‘wearable’ dan lainnya, produk baru dengan layar yang dapat dilipat.
Layar OLED terdiri dari lapisan film tipis molekul organik yang menghasilkan cahaya ketika mereka dialiri listrik. Hal ini membuat mereka menjadi energi yang lebih efisien dibandingkan dengan layar LCD tradisional dan mampu memberikan keuntungan layar yang lebih tipis dan mampu dilengkungkan pada perangkat-perangkat pintar. Laporan menunjukkan perusahaan konsumen elektronik raksasa Samsung, mungkin akan meluncurkan smartphone yang bisa dilipat di pertengahan pertama tahun 2016.

TEKNOLOGI MOBILE 4G
Sementara itu, permintaan akan teknologi mobile 4G yang juga disebut dengan LTE (Long Term Evolution ), yang mencapai puncaknya di 2015, akan mulai mereda di Tahun Baru sebagaimana perusahaan telekomunikasi China meluncurkan layanan jaringan 4G mereka, dan bukan tak mungkin bagi vendor-vendor jaringan nirkabel telekomunikasi selular di negara-negara berkembang. Di indonesia sendiri jaringan 4G telah mulai di berlakukan di beberapa daerah terutama di pulau Jawa dan akan terus dikembangkan ke daerah-daerah lainnya, yaitu vendor dari Telkomsel dan Indoset dan sepertinya di tahun 2016 ini juga akan menyusul vendor-vendor lainnya di tanah air. Jaringan 4G menyediakan kecepatan akses internet mobile yang lebih cepat.

Itulah ulasan prediksi perkembangan teknologi di tahun ini, yang kami sampaikan dan kami ambil dari berbagai sumber yang telah kami rangkum dan sajikan dengan di ubah sesuaikan, semoga bermanfaat.