Apa itu Hackintosh? Pilih Macintosh atau Hackintos


OSx86 (gabungan antara nama-nama OS X dan x86) adalah sebuah proyek hacking yang kolaboratif untuk menjalankan sistem operasi OS X dari Macintosh pada komputer pribadi non-Apply dengan arsitektur x86 pada prosesor x86-64. Proyek ini dimulai sejak Juni 2005, dimana pada saat Worldwide Developers Conference, Apply mengumumkan bahwa Apple akan beralih memakai komputer dari PowerPC ke Mikroprosesor Intel. Sebuah komputer yang dibangun untuk menjalankan jenis OS X, juga dikenal sebagai Hackintosh (dari kata "hack" dan nama model utama Apple komputer Macintosh). Komputer untuk notebook Hackintosh juga disebut "Hackbooks".

Lisensi perangkat lunak Apple tidak memungkinkan OS X untuk digunakan pada komputer selain "Apple-branded". Legalitas dari bentuk ikatan ini dibantah oleh perusahaan seperti Psystar, komputer Bizon, PearC dan MacPC yang telah berusaha untuk merilis produk menggunakan Mac OS pada mesin non-Apple. Namun, sementara itu metode Apple menggunakan untuk mencegah OS X dari yang diinstal pada perangkat keras non-Apple dilindungi dari pengelakan komersial di Amerika Serikat oleh Digital Millennium Copyright Act (DMCA), perubahan spesifik hukum mengenai konsep jailbreaking telah dilemparkan metode pengelakan itu dan yang sejenis ke dalam wilayah abu-abu bila dilakukan oleh pengguna akhir untuk penggunaan pribadi.

Sejarah
Mac OS X v10.4 "Tiger"
Pada tanggal 6 Juni 2005, Apple mengumumkan rencana mereka untuk beralih ke prosesor Intel pada Worldwide Developers Conference dan merilis Kit Transisi Pengembang untuk pengembang yang dipilih dengan biaya $ 999. Upaya segera mulai mencoba untuk menjalankan Mac OS X pada non-Apple hardware, tetapi pengembang dengan cepat menemukan diri mereka dengan pesan kesalahan yang mengatakan bahwa konfigurasi hardware PC tidak didukung. Apple merilis pada 10 Januari 2006

Mac OS X 10.4.4 dengan generasi pertama dari Mac berbasis Intel, iMac dan MacBook Pro. Mesin ini digunakan Extensible Firmware Interface (EFI) firmware platform yang bukan BIOS gaya yang lebih tua ditemukan pada kebanyakan motherboard x86 pada saat itu. Pada 14 Februari 2006, sebuah awal "hack" dari Mac OS X v10.4.4 dirilis di internet oleh seorang programmer dengan crg92 (samaran). Dalam beberapa jam Apple merilis 10.4.5 pembaruan, yang ditambal lagi oleh penulis yang sama dalam waktu dua minggu. Pada April 3, 2006 Apple merilis 10.4.6 pembaruan mereka dan lagi patch yang dirilis dalam waktu dua minggu yang memungkinkan pengguna untuk menginstal kebanyakan dari pembaruan ini pada komputer non-Apple, meskipun ini tidak termasuk kernel diperbarui 10.4.6. Pada bulan Juni, para hacker merilis update 10.4.7 Mac OS X untuk komputer non-Apple menggunakan kernel 10.4.4.

Sampai rilis 10.4.8 pembaruan, semua patch OSx86 menggunakan 10.4.4 kernel dengan sisa dari sistem operasi di versi 10.4.8. Namun, kerangka kerja baru bergantung pada kernel yang lebih baru dan ini menyebabkan pengguna 10.4.8 menghadapi banyak masalah. Apple juga mulai membuat lebih banyak menggunakan petunjuk SSE3 pada perangkat keras mereka sehingga lebih sulit bagi pengguna dengan CPU hanya mendukung SSE2 (seperti Pentium 4 's) untuk mendapatkan sistem berjalan sepenuhnya kompatibel. Untuk mengatasi masalah ini, hacker dari masyarakat dirilis kernel mana instruksi tersebut yang ditiru dengan SSE2 setara, meskipun ini menghasilkan hukuman kinerja.

Sepanjang tahun, banyak "distro" yang dirilis untuk di-download melalui Internet. distro ini adalah salinan dari Mac OS disc X installer dimodifikasi untuk menyertakan komponen tambahan yang diperlukan untuk membuat OS berjalan di hardware non-Apple. Seorang anggota terkemuka dari masyarakat, JaS, merilis banyak distro dari Mac OS X Tiger mengandung kernel ditambal. Beberapa distro populer lainnya adalah iatkos, Kalyway, IPC, iDeneb, dan Niresh. Distro telah jatuh dari nikmat sebagai komunitas OSx86 tumbuh, sebagai bootloader baru dikembangkan yang memungkinkan untuk menggunakannya.
Apa itu Hackintosh? Pilih Macintosh atau Hackintos Apa itu Hackintosh? Pilih Macintosh atau Hackintos Reviewed by Admin on May 07, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.