Kesempatan Bergabung dan Berkarir di Kementerian Luar Negeri RI Melalui Program Magang 2019

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Kesempatan Bergabung dan Berkarir di Kementerian Luar Negeri RI Melalui Program Magang 2019

Kamis, 13 Juni 2019
Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia(Kemlu RI), dahulu Departemen Luar Negeri, adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan luar negeri. Kementerian Luar Negeri merupakan salah satu dari tiga kementerian (bersama Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pertahanan) yang disebutkan secara eksplisit dalam UUD 1945. Kementerian Luar Negeri tidak dapat diubah atau dibubarkan oleh presiden. Menteri Luar Negeri secara bersama-sama dengan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pertahananbertindak sebagai pelaksana tugas kepresidenan jika Presiden dan Wakil Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya secara bersamaan.

Pada hubungan luar negerinya, Indonesia adalah salah satu negara pendiri dan anggota ASEAN yang beranggotakan 10 negara di Asia Tenggara. Dalam hubungan bilateral, saat ini Indonesia telah menjalin kerjasama bilateral dengan 162 negara serta satu teritori khusus yang berupa non-self governing territory. Negara-negara mitra kerjasama Indonesia ini terbagi dalam delapan kawasan terdiri dari Afrika, Timur Tengah, Asia Timur dan Pasifik, Asia Selatan dan Asia Tengah, Amerika Utara dan Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Karibia, Eropa Barat, Eropa Tengah dan Eropa Timur. Sedangkan dalam hubungan multilateral, komitmen Indonesia terhadap pelaksanaan dan perumusan aturan-aturan serta hukum internasional, mempertahankan pentingnya prinsip-prinsip multilateralisme dalam hubunganinternasional, serta menentang unilateralisme, agresi dan penggunaan segala bentuk kekerasandalam menyelesaikan permasalahan internasionalantara lain melalui OIC, ANRPC, Colombo Plan, D-8, G-15, NAM, G-77 and China, South – South Cooperation, South Centre dan WTO (Tourism). Secara regional hubungan Indonesia dengan berbagai organisasi regional terdiri dari ARF, ACD, AMED, APEC, ASEM, BIMP-EAGA, CTI, FEALAC, IOR-ARC, IOR-ARC, IMT-GT, NAASP, PIF dan SwPD sedangkan dengan Uni Eropa melalui antara lain PCA, CSP dan NIP. Sedangkan untuk keanggotaan Indonesia pada organisasi-organisasi internasional antara lain FAO, Office of the High Commissioner on Human Rights (UNHCHR), Universal Periodic Review (UPR), UNCTAD, UNIDO dan WTO.

Kementerian Luar Negeri RI mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang politik dan hubungan luar negeri dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana, Kementerian Luar Negeri RI menyelenggarakan fungsi:

  • Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang politik dan hubungan luar negeri;
  • Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Luar Negeri;
  • Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Luar Negeri; dan
  • Pelaksanaan kegiatan teknis dari pusat sampai ke daerah.

Kesempatan Bergabung dan Berkarir di Kementerian Luar Negeri RI Melalui Program Magang 2019

Kementerian Luar Negeri membuka kesempatan bagi mahasiswa tingkat akhir yang bermaksud untuk melaksanakan program magang di Kemlu. Dari seluruh unit kerja yang ada di Kemlu, Direktorat Diplomasi Publik, Direktorat Informasi dan Media serta Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Deplu (BPPK) merupakan unit kerja yang sering menerima mahasiswa dalam program magang Kemlu.

Program Magang
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI
Tahun 2019


Persyaratan :

Secara umum syarat mengajukan lamaran program magang di Kemlu adalah sebagai berikut:
  1. Surat lamaran program magang yang ditujukan kepada pimpinan eselon II yang terkait berupa maksud dan tujuan magang.
  2. Curriculum Vitae (CV).
  3. Transkrip nilai resmi.
  4. Surat Keterangan dari pihak kampus.
  5. Diutamakan mempunyai kemampuan berbahasa Inggris.
  6. Minimal kuliah semester k​e-5.

Program magang di Kementerian Luar Negeri RI yaitu berlangsung selama minimal 2 (dua) bulan.

Mengingat peminat program magang Kemlu cukup banyak, sebaiknya pelamar terlebih dahulu mengontak Unit Kerja terkait guna mengetahui ketersediaan lowongan magang.​​

Pelamar dapat menghubungi Kemlu di (021) 3441508 dan meminta untuk disambungkan dengan Unit Kerja yang diminati untuk magang untuk mendapatkan penjelasan serta teknis program magang.

Informasi lebih lanjut mengenai program magang di Kemlu dapat di lihat pada halaman ini.